News Update :

Kantor Imigrasi Tangerang Terapkan Layanan Jemput Bola Paspor Haji

TANGERANG-Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang menerapkan sistem jemput bola dalam memroses paspor calon haji yang sudah berusia tua (sepuh) dan tidak memiliki akte lahir. Jemput bola dilakukan di sejumlah daerah wilayah kerja Kantor Imigrasi Tangerang di Provinsi Banten.

Kepala Kantor Imigrasi Tangerang Enang Supriyadi Syamsi mengatakan, dengan sistem jemput bola tersebut para calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi Tangerang, tapi sebaliknya petugas imigrasi yang mendatangi tempat atau daerah calon haji.

“Sistem jemput bola ini akan kami lakukan terhadap calon haji yang sepuh dan tidak memiliki akte kelahiran. Yang mana, kebijakan ini juga merupakan petunjuk Dirjen Imigrasi untuk memberikan kemudahan dan pelayanan yang baik kepada para calon haji,” kata Enang, Kamis (21/6).

Menurut Enang, Kementerian Hukum dan HAM bersama Kementerian Agama sudah membuat surat keputusan bersama dalam rangka memberikan pelayanan terhadap calon haji. “Kami sebagai pelaksana di lapangan wajib menjalankan sebaik-baiknya SKB tersebut dan kami tindaklanjuti sesuai petunjuk Dirjen Imigrasi,” kata Enang.

Mantan Kakanim Ambon ini memprediksi bahwa pihaknya dapat menyelesaikan pembuatan paspor haji sebelum tiba Ramadhan. Dengan demikian, sebanyak 5.000 cajon haji di wilayah kerja Kantor Imigrasi Tangerang, tidak terbebani lagi pikirannya dengan masalah paspor pada saat menyambut dan merayakan Ramadhan tahun ini.

“Teknisnya, kami datangi langsung mereka setiap sabtu dan minggu. Dan untuk dieketahui saja, program jemput bola yang dilakukan Kantor Imigrasi Tangerang ini merupakan yang pertama diterapkan kantor imigrasi di Indonesia,” singkatnya.
Share this Article on :
 
© Copyright Kliping Tangerang 2012 Powered by Blogger.com.